Welcome Followers

Nice to meet you all...! selamat datang buat folowers,,,selamat bergabung di halaman ini, mga lewat blog ini kita dapat menambah pengetahuan serta pengalaman yang brmanfaat. jdi harap kpda kwan-kwan mmberikan kritik n sran yng sifatnya membangun tuk pengembangan blog ini ke yg lebih baik.

Minggu, 15 Januari 2012

Nge-cat Motor Simpel dan Murah

Pada dasarnya, smua orang pasti ingin kalo motor kesayangannya nampak indah dan sempurna khususnya dimata pemiliknya hingga mendapatkan kepuasan tersendiri. Apalagi kalo sudah mendapatkan pujian dari orang lain, pasti bangga luar biasa. Namun banyak hal yang menjadi alasan hingga orang masih merelakan sepeda motornya masih dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, belang-belang, karatan, kap pecah,,,,ya,,hancurlah. Kendala yang paling umum mulai dari masalah financial, waktu, dan cara mengerjakannya.
Nah, lewat tulisan ini saya menuangkan beberapa tips yang mungkin bisa membantu kawan-kawan untuk keluar dari masalah tersebut, yaitu memperindah motor anda seperti baru dengan melakukan pengecatan ulang yang simpel, murah dan hasilnya bukan lumayan tapi jelas memuaskan alias sangat tidak mengecewakan.
Perlu juga kawan-kawan ketahui bahwa tips yang disajikan ini bukan tips pada pengecatan untuk modifikasi seperti yang biasa kita liat di pameran-pameran motor kontes baik disaksikan secara langsung maupun hanya lewat majalah, tv atau internet. Tpi hanya untuk merubah tampilan motor yang sudah nampak usang atau bosan dengan warnanya. Olehnya itu hasil dari kerjaan kita nampak polos saja tanpa ada streping atau hiasan-hiasan warna lain.

Pertama: Persiapan alat
o   Spray gun/spoit ukuran kecil
o   Kompressor
o   Selang udara (kompressor ke spoit)
o   Kertas amplas 200,360,500,1000
o   Dempul
o   Pisau dempul
o   Majun/ kain lap yang bersih
o   Kayu (stic kecil +_ 20 cm)
o   Isolasi dico 2 cm: 1 rol
Kompressor 1 HP
Spray gun














Kedua: Bahan
o   Epoxy galaxy: 1 L (1 klng)
o   Thenner Cobra: 5 L (1 klng)
o   Thenner A: 4 L

o   Cat super black Suzuka 480: ¼ L x 2 klng (ut rangka)
o   Cat super white suzuka 470: ¼ Lx 3 klng (cat dasar)
o   Cat warna (Biru) : steelgloss, jamaica blue 8937(ut body/kap)
o   Clear Blinken: ¼ L x 2 klng
Bahan2 Pengecatan
Nb: Pemilihan bahan diatas berdasarkan pertimbangan harga dan kualitas, bukan untuk mempromosikan produk atau menjatuhkan produk yang lain. Seperti pada pemilihan merek epoxy, thinner, clear, cat dasar serta cat luar, kita sudah lihat kualitasnya dan sudah dibandingkan dengan merek lain. Ingat,,,,,kita menggunakan cat suzuka karena kita cuman milih warna hitam untuk rangka motor dan warna putih sebagai cat dasar dari seluruh panel. Klo kawan-kawan ingin menggunakan warna selain hitam pada rangka, disarankan untuk menggunakan merek lain. Sedangkan pada body, terserah kawan-kawan mau menggunakan warna apa sesuai selera. Anggaplah kita sekarang menggunakan cat body (luar) warna biru dan rangka warna hitam.
Ketiga: cara kerja
-          Yang pertama kita lakukan adalah proses pembongkaran alias melepaskan bagian-bagian komponen yang akan di cat.
-          Gosok panel menggunakan amplas 500. Pastikan semua clear atau anti gores tidak ada yang tersisa.
-          Jika ada bagian panel yang lecet ato terdapat goresan yang tetap nampak setelah diamplas, poles dengan menggunakan dempul. Jika permukaan yang telah didempul kasar, amplas dengan mengguakan amplas kasar 200 kemudian menggunakan amplas 500 hingga permukaan yang telah didempul rata dengan panel aslinya.
-          Gosok ulang semua panel dengan menggunakan amplas yang lebih halus 1000. Keringkan.
-          Siapkan semua peralatan pengecatan seperti spoit yang sudah dihubungkan ke kompressor dengan menggunakan selang udara. Siapkan juga kain lap yang bersih untuk membersihkan debu-debu yang melengket pada panel sebelum disemprot.
-          Campurkan epoxy dengan thinner A dalam sebuah wadah dengan perbandingan 1:2
-          Aduk menggunakan kayu atau plastik (jangan menggunakan pengaduk yang berbahan logam)
-          Tuangkan epoxy kedalam tabung spoit. Sebaiknya tidak sampai penuh, agar tidak tumpah.
-          Semprotkan pada panel. Hasil semprotan tidak perlu tebal. keringkan
-          Setelah penyemprotan selesai dan penyemprotan yang pertama sudah kering, ulangi sekali lagi untuk menghasilkan hasil yang lebih baik. keringkan
-          Bersihkan spoit dari epoxy dengan menggunakan thinner A
-          Campur Cat warna putih dengan thinner cobra dengan perbandingan 1:2
-          Masukkan cat kedalam tabung spoit dan lakukan pengecatan dasar.
-          Untuk menghasilkan hasil yang maksimal, lakukan pengecatan 2 kali dimana tiap satu kali hasil pengecatannya tidak terlalu tebal. Keringkan.
-          setelah semua panel di cat (dasar), lanjutkan dengan cat akhir (warna).
-          Untuk rangka, proses dan perbandingan campurannya sama dengan proses pengecatan dasar, thinnernya-pun sama (cobra). Begitupun dengan untuk body. Namun untuk body, pengecatan dilakukan sebanyak 3 kali/lapis untuk menghasilkan warna yang lebih maksimal. Keringkan.
-          Setelah pengecatan selesai, tambahkan Lapisan yang terakhir atau clear yang berfungsi sebagai anti gores, hasil pengecatan mengkilap dan menghindari panel dari sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan warna cat cepat pudar. Perbandingannya, antara clear dengan hardenernya, 1:1. Dari hasil campuran tersebut memiliki perbandingan 1:2 dengan thinner cobra. Lakukan sebanyak 3 kali/lapis untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Keringkan.
-          Selesai................
Juga perlu diketahui:
-          panel harus benar-benar bersih, tidak terkontaminasi zat-zat yang mengandung minyak atau deterjen.
-          Spoit harus bersih
-          Pastikan tekanan udara dari kompressor tidak mengandung air.
-          Tiap sekali penyemprotan, panel harus dikeringkan sebelum penyemprotan kedua di lakukan.
-          Tiap penggantian warna, spoit harus bersih dari warna sebelumnya. Bersihkan dengan menggunakan thinner A.
-          Tempat atau lokasi penyemprotan bebas debu, suhu atau kondisi cuaca harus sesuai (sebaiknya dibawah sinar matahari).
-          Proses menggerakkan spoit saat penyemprotan harus sesuai. Tidak terlalu cepat dan jga tidak terlalu lambat.
-          Volume cat yang keluar dari mulut spoit juga harus diatur (jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
-          Perhatikan tekanan angin kompressor.
-          Selesai...........
-          Eh ,,,,,,! masih ada, jangan lupa: es batu+juice orange+cemilan2, smok-X, klo perlu. He,,he,,!
Nah,,,simpel kan? N biaya2x juga dijamin tidak smpe jual nene’. Tpi klao misalkan kawan-kawan ingin mencoba merek selain yang disebutkan diatas, g papa. N jga klo punya pengalaman lain, silahkan bagi ke kita2, key,,,,,!
Slamat mencoba...!

5 komentar:

boss..ane mau tanya ,,yang dimaksud perbanidng cat & tinner itu gimana yaa 1:2 ??

maksudnya, jika catnya 1/2 L. berarti thinnernya=1 L

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah elmu.

Finishing Floor Hardener
Apa itu Epoxy.

----------

untuk bodi bawaan pabrik yang sudah di pernis kmudian ingin di cat ulang juga harus di poksi, mengingat cat yang sudah benar-benar kering tidak bisa menyatu dengan cat baru, apa lagi panel tersebut sudah diclear
Perlu difahami bahwa fungsi utam poxi adalh untuk merekatkan cat dengan panel karena cat tidak bisa bersenthan langsung dengan panel bahan plastik ataupun logam.

untuk rangka, sama halnya dengan body. cuma jika rangka tsb akan di cat warna htam, kita tdk perlu ada pengecatan dasar putih.

Unutk cat semprot, tidak kita sarankan karena kualitas cat semprot jauh lebih dibawah dari pada cat dico. bisa di prediksi warna cat akan berubah pada bulan ke-3..

Posting Komentar